PEMANASAN GLOBAL / GLOBAL WARMING

Posted: 02/01/2011 in Info

Pemanasan global atau Global Warming adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi sebagai akibat meningkatnya jumlah emisi Gas Rumah Kaca di atmosfer. Gas tersebut antara lain adalah karbon dioksida dan metana. Faktor utama penyebab makin meningkatnya gas-gas tersebut adalah perkembangan teknologi yang tidak ramah di lingkungan.

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata Atmosfer, Laut , dan Daratan Bumi. Terjadinya Pemanasan global di bumi dimulai dari kenyataan bahwa energi panas yang dipancarkan berasal dari matahari yang masuk ke bumi menciptakan cuaca dan iklim serta panas pada permukaan bumi secara global Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca, yang mengakibat aktivitas manusia” melalui efek rumah kaca.

Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Secara tidak langsung, Pemanasan global ini berpengaruh pada cuaca yang tidak menentu. Suhu rata-rata permukaan bumi meningkat secara bertahap. Dari naiknya suhu rata-rata tersebut, tingginya permukaan air laut juga berpengaruh. Pemanasan yang berpusat di belahan utara bumi, menyebabkan es di kutub utara mencair. Dengan cairnya es tersebut, debit air laut akan bertambah dan menyebabkan pulau-pulau rendah akan tenggelam dan hilang. Hasil pertanian pun tidak luput dari pengaruh Pemanasan global. Hujan atau kemarau yang terlalu panjang, menyebabkan sering terjadi banjir atau kekeringan parah.

Pemanasan global terjadi adanya konsentrasi gas-gas tertentu yang dikenal dengas gas rumah kaca yang terus bertambah diudara, disebabkan oleh tindakan manusia, sehingga ada kegiatan industri, khususnya (CO2) dan chlorofluorocarbon, yang umumnya dihasilkan oleh penggunaan batubara, minyak bumi gas dan pengundullan hutan serta pembakaran hutan secara liar atau yang illegal.

Apa itu GAS RUMAH KACA???

Atmosfer di bumi ini, terdiri dari bermacam-macam gas, dengan fungsi yang berbeda-beda. Kelompok gas yang menjaga di permukaan bumi agar bumi kita agar tetap hangat dengan istilah “Gas Rumah Kaca”, yang berfungsi menahan panas matahari di dalamnya agar suhu di dalam rumah kaca tetap hangat, dengan begitu tanaman di dalamnya pun akan dapat tumbuh dengan baik karena memiliki panas matahari yang cukup. kita pada dasarnya membutuhkan gas-gas tesebut untuk menjaga kehidupan di dalamnya

Efek Umpan Balik

Pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Contoh adalah pada penguapan air. pemanasan pada awalnya akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer.Oleh karena itu, uap air sendiri merupakan gas rumah kaca, pemanasan akan terus berlanjut dan menambah jumlah uap air di udara sampai tercapainya suatu kesetimbangan konsentrasi uap air.

Efek umpan balik karena pengaruh awan sedang menjadi objek penelitian saat ini. Bila dilihat dari bawah, awan akan memantulkan kembali radiasi infra merah ke permukaan, sehingga akan meningkatkan efek pemanasan.

Detail-detail ini sulit direpresentasikan dalam model iklim, antara lain karena awan sangat kecil bila dibandingkan dengan jarak antara batas-batas komputasional dalam model iklim (sekitar 125 hingga 500 km untuk model yang digunakan dalam Laporan Pandangan IPCC ke Empat). Walaupun demikian, umpan balik awan berada pada peringkat dua bila dibandingkan dengan umpan balik uap air dan dianggap positif (menambah pemanasan) dalam semua model yang digunakan dalam Laporan Pandangan IPCC ke Empat

Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global banyak banget untuk mengakibatkan dampak yang sangat luar biasa dan serius bagi lingkungan Bio-geografis

Temperatur yang panas juga dapat menyebabkan gagal panen sehingga akan muncul kelaparan dan malnutrisi. Perubahan cuaca yang ekstrem dan peningkatan permukaan air laut akibat mencairnya es di kutub utara dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan bencana alam (banjir, badai dan kebakaran) dan kematian akibat trauma. Timbulnya bencana alam biasanya disertai dengan perpindahan penduduk ke tempat-tempat pengungsian dimana sering muncul penyakit, seperti: diare, malnutrisi, defisiensi mikronutrien, trauma psikologis, penyakit kulit, dan lain-lain.

Pergeseran ekosistem dapat memberi dampak pada penyebaran penyakit melalui air (Waterborne diseases) maupun penyebaran penyakit melalui vektor (vector-borne diseases). Seperti meningkatnya kejadian Demam Berdarah karena munculnya ruang (ekosistem) baru untuk nyamuk ini berkembang biak. Dengan adamya perubahan iklim ini maka ada beberapa spesies vektor penyakit (eq Aedes Agipty), Virus, bakteri, plasmodium menjadi lebih resisten terhadap obat tertentu yang target nya adala organisme tersebut. Selain itu bisa diprediksi kan bahwa ada beberapa spesies yang secara alamiah akan terseleksi ataupun punah dikarenakan perbuhan ekosistem yang ekstreem ini. hal ini juga akan berdampak perubahan iklim (Climat change)yang bis berdampak kepada peningkatan kasus penyakit tertentu seperti ISPA (kemarau panjang / kebakaran hutan, DBD Kaitan dengan musim hujan tidak menentu)

Solusi Pemanasan Global

Ada solusi untuk memghentikan untuk Global Warming dan Kita masih bisa melakukan untuk menyelamatkan bumi kita tersayang.

  1. Berhentilah atau mengurangin memakan daging
  2. Batasilah emisi dan karbon dioksid a
  3. Tanamlah leb ih banyak pepohonan atau penghijauan.
  4. Daur Ulang dan daur ulang (Recycle dan Reuse)
  5. Gunakan alat traspotrasi yang lebih alternatif untuk menguragin emisi karbon

Tips Untuk Menyelamatkan Menjadi Bumi Kita Lebih baik,

  • ·        Makanan dan Minuman

Makan dan masaklah bahan yang masih segar

Beli produk lokal, dan nikmatin penghasilan pertanian lokal,

Beli kemasan yang lebih murah, karena akan jauh lebih murah

Tanamlah pohon disetiap ada kesempetan,

     

  • Dalam Perkerjaan
  •  

– Makan siang di kantor

– Gunakan kertas lebih sedikit

– Gunakan e-Banking

     

  • Di dalam Rumah
  •  

– Turunkan suhu Ac rumah Anda

– Memaksimalkan pencahayaan alam dari luar

– Kurangi waktu dalam membuka kulkas yang terlalu lama,

&nb sp;

·        Mengemudi Kendaraan

– Gunakan mobil antar jemput untuk sekolah,

– Sewa mobil pada saat dibutuhkan,

– Matikan mesin kendaraan pada saat menunggu dimana pun,

– dll.

·        Alat Kebersihan

– Pastikan setiap rumah memilikin sikluslasi udara yang baik,

Komentar
  1. idharamadhani mengatakan:

    apakah anda sudah mempraktekan pencegahannya?

    • ajiponk mengatakan:

      insya Allah sudah Mba Idut, tetapi mungkin walaupun saya sudah mempraktekannya tetapi belum tentu ada dampak bagi Global Warming sendiri. karena yang dibutuhkan adalah kesadaran semua pihak bukan hanya segelintir orang apalagi bila hanya saya saja. That’s a Mision Impossible!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s